LilyPad Arduino adalah papan mikrokontroler (MCU / microcontroller board) yang dirancang untuk pembuatan alat yang dapat dipakai di badan (e-wearables / e-textiles).

Papan pengembang ini berbentuk bundar, dapat dijahit di kain, dan menggunakan komponen secara minimum untuk ukuran yang ringkas (diameter 5 cm). Versi terkini menggunakan mikrokontroler ATmega328P-AU dengan ukuran flash memory 32 Kb.Selain itu, pada versi terbaru ini pin header yang digunakan untuk pemrograman menggunakan tipe flat surface mounted sehingga board ini tetap tipis tanpa pin yang menjorok tinggi. Terdapat rangkaian auto-resetuntuk lebih memudahkan pemrograman.

Contoh aplikasi:
Anda dapat menggunakan Arduino IDE v1.0.5dengan menyetel pilihan boardke Lilypad Arduino w/ ATmega328 pada menu ToolsBoard. Gunakan programmeruntuk mengunggah sketsa terkompilasi, misalnya dengan menggunakan usbASP(pilih perintah Upload Using Programmerdari Arduino IDE).

PERHATIAN: demi menjaga ukuran tetap kecil, board ini dirancang tanpa voltage regulatorataupun proteksi polaritas, sambungkan dengan catu daya 4,5 ~ 5,5 Volt dan pastikan kutub positif (VCC) / negatif (GND) tidak terbalik!

Usulan untuk catu daya saat digunakan sebagai e-wearable: normalnya, Anda dapat menggunakan catu daya apapun yang bertegangan 5V, termasuk dari port USB. Namun jika ukuran dan bobot menjadi pertimbangan, Anda dapat menggunakan dua baterai koin 3V tipe CR2032 (CR2025 lebih tipis namun berkapasitas daya lebih rendah) yang disusun seri sebagai sumber catu daya 6V, step-downke 5V menggunakan modul MP1584yang berukuran kecil namun berefisiensi tinggi. Baterai CR2032 berkapasitas 220 mA, cukup untuk memasok daya hingga sehari penuh untuk menghidupi boardini (di luar modul / komponen eksternal yang dihubungkan).