IC LM331 adalah sikuit elektronika terpadu yang berfungsi untuk mengubah tingkat tegangan (VS≤ 40 Volt) menjadi frekuensi, ideal dan ekonomis untuk digunakan pada sirkuit pengubah sinyal analog ke digital, modulasi / demodulasi frekuensi linear, dan lain sebagainya.

Keluaran berupa rentetan pulsa digital dengan frekuensi proporsional terhadap tegangan masukan, dilengkapi dengan fitur kompensasi suhu internal untuk meningkatkan akurasi dengan tingkat stabilitas temperatur maksimum ±50 ppm/°C.

Catu daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan IC ini sebesar 5V dengan konsumsi daya tipikal hanya 15 mW, ideal untuk digunakan dalam rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler 5 Volt. Sirkuit pencacah waktu di dalamnya memiliki bias arus yang rendah tanpa mengurangi kecepatan respon sehingga IC ini dapat menangani konversi tegangan ke frekuensi hingga 100 kHz.

Berikut ini adalah diagram bagian fungsional dari LM331 Voltage to Frequency Converter IC:


Kanal keluaran mampu mengarah-kendalikan 3 (tiga) beban TTL atau satu keluaran bertegangan tinggi hingga 40 Volt. Selain itu komponen elektronika ini memiliki fitur proteksi terhadap hubungan singkat terhadap catu daya VCC.