LM338adalah regulator tegangan positif (positive voltage regulator) 3-terminal yang mampu memasok hingga 5A dengan rentang tegangan keluaran yang lebar antara 1,2 Volt hingga 32 Volt. Komponen elektro ini sangat mudah digunakan dan hanya memerlukan 2 resistor untuk mengatur tegangan keluaran. Sirkuit pada komponen ini dirancang dengan seksama untuk mengatasi beban yang besar dengan kinerja pengaturan tegangan yang sangat mengesankan.

Sebuah fitur unik dari LM-338 adalah adanya pembatas arus berbasis waktu. Rangkaian pembatas ini memungkinkan arus puncak / peak currenthingga 12 A yang bisa ditarik dari regulator untuk jangka waktu yang singkat (nilai yang dijamin oleh manufaktur untuk arus puncak adalah 7A). Hal ini memungkinkan komponen elektronika ini untuk digunakan dengan beban transien berat dan mempercepat proses memulai (start-up) pada kondisi beban penuh. Dalam kondisi beban berkelanjutan , rangkaian pembatas akan menurunkan arus ke nilai yang aman untuk melindungi regulator. Juga disertakan rangkaian perlindungan terhadap suhu yang berlebihan (termal protection circuit) dan daerah perlindungan yang aman untuk transistor daya . Perlindungan terhadap kelebihan beban ini tetap fungsional bahkan jika pin penyesuaian tanpa sengaja terputus.

IC ini ekivalen dengan LM138T dengan perbedaan pada rentang suhu operasional (0°C ≤ TJ ≤ +125°C untuk LM338).

Umumnya tidak diperlukan kapasitor untuk mengoperasikan komponen ini kecuali saat perangkat ini terletak lebih dari 20 cm dari kapasitor penyaring masukan (input filter capacitors) yang mana kapasitor pelewat masukan (input bypass capacictor) dibutuhkan . Sebuah kapasitor keluaran dapat ditambahkan untuk meningkatkan respon transien, dan melewatka pin penyesuaian (adjustment pin bypass) akan meningkatkan peredam riak (ripple rejection).

Selain mengganti regulator tetap atau desain diskrit , komponen elektronik ini berguna dalam berbagai aplikasi lain. Kerena komponen ini termasuk regulator yang "mengambang " dan hanya terpengaruh atas perbedaan tegangan masukan dan keluaran, pasokan beberapa ratus volt dapat diatur selama perbedaan anatara tegangan masukan dan keluaran tidak melebihi batas maksimum (contohnya: jangan sampai terjadi arus pendek dari keluaran ke ground. LM338Tdikemas dalam bentuk TO-220 dengan jangkauan suhu operasional antara 0°C ≤ TJ ≤ 125°C.
Saat beroperasi, LM338 membentuk nominal tegangan referensi VREF = 1,25 Volt antara kaki keluaran (output terminal) dan kaki pengaturan (adjustment terminal) yang diimpresikan melalui resistor pemrogram R1. Karena tegangan ini bersifat konstan, arus konstan (constant current) I1 yang mengalir lewat resistor R2 akan menghasilkan tegangan keluaran sesuai dengan rumus sbb.:
VOUT= VREFx { 1 + (R2 / R1) } + (IADJx R2)
Berikut ini adalah contoh skema rangkaian menggunakan LM338: