IC LM35DZadalah sirkuit elektronika terpadu / integrated circuit yang berfungsi sebagai sensor suhu / temperature sensor berakurasi tinggi. Keluaran dari sensor analog ini berupa tegangan (voltage level) yang besarnya linear proporsional dengan suhu dalam derajat celcius (centigrade temperature). Akurasinya mencapai ±0,6°C pada suhu ruang (±0,9°C pada rentang suhu penuh, antara 0°C hingga +100°C).

Karakteristik IC LM35 yang memiliki nilai impedansi keluaran yang rendah (0,1Ω pada beban 1 mA), linearitas keluaran yang baik (10mV/°C), dan pengkalibrasian secara inheren yang presisi memungkinkan penggunaan IC ini secara mudah dan akurat. Produsen IC ini menjamin akurasi pembacaan hingga resolusi 0,5°C pada suhu ruang.

IC yang dikemas dalam plastic packagingTO-92  ini hanya mengkonsumsi arus sebesar 60 uA sehingga hampir tidak menghasilkan panas (hanya 0,08°C) dari sirkuitnya sendiri / low self heating, tidak mengganggu pembacaan suhu lingkungan (klaim konsumsi arus sesuai introduksi dari produsen, untuk detail sesuai kondisi harap mengacu pada datasheet).

Anda dapat menggunakan catu daya antara 4 hingga 30 Volt untuk mengoperasikan chip ini.
Jual IC LM35DZ dengan pinout diagram seperti ini