LM3914N Dot/Bar Display Driver
LM3914Nadalah IC (Integrated Circuit) monolitik yang dapat mendeteksi tingkat tegangan dari signal analog dan berdasarkan voltase yang terdeteksi komponen ini mampu mengendalikan hingga 10 LED secara linear, dengan kata lain dapat berfungsi sebagai versi elektronik dari VU meter. Tampilan dapat diubah dari grafik balok (bar graph) menjadi titik bergerak (moving dot) lewat satu pin masukan saja. Arus keluaran dapat diatur dan diprogram sehingga tidak diperlukan resistor pembatas arus eksternal. Dengan menggunakan komponen elektronika ini, keseluruhan sistem tampilan dapat dioperasikan dengan catu daya tunggal kurang dari 3 Volt saja dengan besar arus keluaran dapat diatur dari 2 mA hingga 30 mA. Tipe pin keluaran adalah kolektor terbuka (open collector) dan dapat dihubungkan dengan TTL / CMOS Logic.

Komponen elektronika ini memiliki referensi tegangan yang dapat diatur (adjustable voltage reference) dan pembagi tegangan (voltage divider) 10 tingkat yang akurat. Tampungan masukan berimpedansi tinggi (high impedance input buffer) menerima signal bertegangan setara ground potential (atau V-) hingga +1,5 V di atas kutub positif dari catu daya (Vcc + 1,5V). Lebih jauh lagi, IC ini tidak memerlukan proteksi pada pin masukannya (selama tegangan masukan berkisar antara -35 hingga +35 Volt terhadap ground). Input buffer ini mengarahkan 10 pembanding internal yang terpisah untuk masing-masing kanal (individual comparators) yang tereferensi terhadap pembagi presisi. Tipikal tingkat akurasi yang dapat dicapai hingga ½%, bahkan saat terjadi variasi suhu dalam jangkauan yang cukup jauh.

LM3914 sangat mudah untuk dipasang pada rangkaian elektronika Anda. Untuk membangun elektronik VU Meter pada skala penuh 1,2V hanya membutuhkan satu buah resistor eksternal dan 10 buah LED biasa dengan catu daya tunggal bertegangan antara 3V hingga 15V. Bila resistor tersebut diganti dengan potensiometer, tingkat kecerahan LED dapat dengan mudah diatur.

Bila diperlukan, IC ini dapat disusun secara berganda (cascading) untuk menambah jangkauan / resolusi tampilan.

Berikut ini contoh penggunaan tipikal dari LM3914

Typical Application of LM3914

Catatan:
  • C1 tidak diperlukan apabila kabel yang menyambung ke LED kurang dari 15cm.
  • Skema sirkuit (circuit schematic) yang digambarkan di atas adalah untuk modus titik, untuk mengubah ke modus grafik balok, hubungkan pin 9 ke pin 3.
  • Bila tegangan VLEDmelebihi 7V, tambahkan resistor untuk membatasi penyerapan daya oleh IC.