Modul konversi tingkat tegangan sinyal logika dwi-kutub (bidirectional logic level converter) ini mampu mengkonversi 8 kanaltingkat tegangan sekaligus (8 Channels), dari rentang tegangan 1,2 ~ 3,6 Voltpada sisi rendah (low-side) ke/dari rentang tegangan 1,7 ~ 5,5 Voltpada sisi tinggi (high-side).

Modul ini menggunakan IC TXB0108dari Texas Instrument. Kelebihan IC ini untuk level shiftingdibanding 4050 / 74LVX245 adalah kemampuannya untuk mendeteksi arah (direction sensing auto detect) sehingga mampu beroperasi secara dua arah (bidirectional).

Level shifterini juga memiliki fitur isolasi catu daya (VCCisolation feature) dimana semua keluaran akan berada pada kondisi impedansi tinggi (high-impedance state) saat tegangan pada pin catu daya yang manapun (VCC input) tidak memiliki perbedaan potensial dengan ground. Selain itu, TXB0108 memiliki proteksi terhadap ESD (electrostatic discharge) yang sangat baik, bahkan melebihi standar JESD 22.

Catatan: Khusus untuk protokol I2C / IIC / Two-Wiresyang membutuhkan strong pull-up, silakan gunakan I2C Level Converter karena protokol tersebut menggunakan open-drain driver. Dapat dipaksakan dengan menggunakan pull-up resistorberhambatan ≥ 50 KΩ selama total konsumsi arus yang dibutuhkan kecil (≤ 100uA pada 5V).