MAX7456adalah pembangkit tampilan timpaan monokromatik (monochrome overlay) di atas sinyal video standar PAL/NTSC atau biasa dikenal dengan istilah OSD (On-Screen Display)kanal tunggal yang menghilangkan kebutuhan akan pengarah-kendali video eksternal, sirkuit pemisah sinyal sinkronisasi, pengalih sinyal video, dan EEPROM terpisah karena semua fungsi tersebut telah termuat pada sirkuit terpadu dalam kemasan 28-TSSOP-EP ini.

Teks yang dapat ditampilkan dibangun dari pemetaan 256 karakter yang dapat dikustomisasi dan grafik seperti logo perusahaan dan lain sebagainya. Ukuran karakter sebesar 12 x 18 titik yang ditampilkan dalam matriks 16 baris x 30 karakter per barisnya.

Untuk mengakses IC ini dapat dilakukan oleh mikrokontroler yang mendukung komunikasi SPI (Serial Peripheral Interface), dengan demikian MCU profil rendah seperti ATmega328P pun bisa mengakses IC ini dengan mudah.

Berikut ini adalah diagram bagian fungsional dari komponen elektronika ini:


IC ini bekerja dengan catu daya tunggal 5 Volt baik untuk catu daya analog, digital, dan pengarah-kendalinya, total mengkonsumsi arus sebesar 107 mA (tipikal, maksimum 145 mA) pada kondisi VIN= 1VP-Pdengan impedansi 150Ω.

Berikut contoh skematik pada aplikasi tipikal dari IC MAX7645 berikut diagram pin-out:

Berikut ini adalah contoh tampilan video dengan OSD aktif menggunakan IC ini: