Modul/komponen elektronika dengan nomor model MC-38ini adalah modul pendeteksi bukaan/tutupan pintu (atau aplikasi lainnya) yang bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik. Pada kondisi normal (sensor dan magnet tidak berdekatan), saklar berada pada kondisi terbuka (normally open / NO). Pada kondisi aktif (sensor dan magnet berdekatan / pintu menutup), saklar berada pada kondisi tertutup (closed circuit) dengan nilai hambatan ±4Ω.

Saklar / switchini berupa sensor magnet yang dipasangkan dengan sebuah magnet alam yang dikemas dalam kotak plastik siap tempel yang dapat diaplikasikan langsung ke pintu / jendela / laci / lemari / dsb. berbahan non-metal, pada komponen sensor terdapat kabel yang dapat langsung dihubungkan dengan mikrokontroler/ papan pengembang semacam Arduinosebagai pemroses kondisi (condition evaluator), atau dapat juga digunakan sebagai saklar / switch untuk mengaktifkan rangkaian elektronika lainnya.

MC38 dikemas dalam bahan ABS tahan api (fireproof), dilengkapi dengan lembar penempel (self adhesive tape) untuk memudahkan pemasangan. Gunakan sekrup untuk pemasangan permanen (sekrup tidak disertakan dalam paket). Pastikan lebar celah pada saat pemasangan berjarak 2 cm (toleransi 20%). Ukuran per potongan sensor sebesar 64 x 19 x 13 mm.