AT24C256adalah EEPROM(Electronically Erasable Programmable Read Only Memory) adalah IC memori yang bersifat permanen (non-volatile) yang dapat menyimpan data saat tidak dialiri listrik, dengan demikian EEPROM sangat berguna untuk menyimpan data seperti rekaman konfigurasi, data logger, atau sebagai media penyimpanan sekunder dengan akses cepat.

Modul yang kami jual di sini adalah breakout module dari IC AT24C256 yang mudah digunakan tanpa perlu menyolder IC tsb. ke papan rangkaian elektronika Anda, cukup hubungkan pin I/O yang tersedia ke mikrokontroler yang Anda gunakan. Modul ini adalah modul EEPROM favorit bagi pengguna Arduino mengingat kemudahan dan sifatnya yang praktis.

Untuk pengguna Arduino, modul ini akan menambah kapasitas EEPROM (yang hanya 1 Kb pada Arduino Uno) sebesar +32 KB. Paket modul ini sudah disertai dengan kabel penghubung sehingga Anda tinggal menghubungkan kabel ke pin I/O Arduino (lewat protokol I2C, pin SDA / SCL (pin A4 dan A5 pada Arduino Uno), Vcc (+5V) dan GND. Tidak perlu menambahkan pull-up resistor karena modul ini sudah memiliki on-board pull-up resistoruntuk kedua pin I2C (masing-masing 10KΩ).

VCCdapat dipasok mulai dari 1,7 Volt hingga 5,5 Volt. Jumlah arus yang dikonsumsi modul ini sebesar 1 mA pada saat membaca data, 2 mA pada saat menulis data. Pada modus siaga (tidak ada operasi pembacaan/penulisan), modul ini hanya menggunakan arus sebesar 1 µA saja, sangat hemat energi.