Modul RTC (Real Time Clock)ini menggunakan IC DS-1307dari Dallas Semiconductor / Maxim Integrated yang merupakan komponen elektronika yang presisi dalam menghitung waktu. Dengan baterai Lithium Rechargeable LIR2032 yang akan menjaga modul tetap bekerja pada saat catu daya tidak tersambung, modul ini dapat berfungsi sebagai penjejak waktu (time tracking device) yang dapat diandalkan hingga bertahun-tahun!

Koneksi dengan mikrokontroler / Arduinodapat dilakukan dengan mudah berkat antarmuka I2C (IIC Interface)yang hanya membutuhkan dua kabel sambungan (SDA dan SCL, pin A4 dan A5 pada Arduino Uno).

Selain itu, modul ini juga dilengkapi dengan EEPROM tambahan sebesar 4 Kilobytemenggunakan IC Atmel AT24C32, berguna untuk menyimpan data secara permanen (EEPROM adalah tipe memori yang non-volatile/ tidak hilang datanya saat sudah tidak dialiri arus listrik dari catu daya).

Berikut ini adalah diagram skematik dari modul ini (klik pada gambar untuk memperbesar tampilan):
Tiny RTC DS1307 + AT24C32 Schematic Drawing

Dengan segudang fitur seperti ini dan harga yang ekonomis, modul ini merupakan RTC module favorit di kalangan praktisi elektronika, terutama saat digunakan bersama proyek elektronika berbasis mikrokontroler atau sebagai penjejak waktu di Arduino atau Raspberry-Pi.

Apabila Anda sangat kritis terhadap waktu dan membutuhkan modul RTC dengan presisi yang lebih tinggi, toko komponen elektronika kami juga menjual DS3231 Ultra High Precision RTC Moduledengan harga murah.