Modul ini merupakan pembangkit sinyal pulsa digital dengan frekuensi dan siklus kerja (duty cycle) yang dapat diatur yang menggunakan IC Timer 555yang dirangkai secara astabil di mana IC ini berfungsi sebagai osilator yang membangkitkan aliran pulsa persegi dengan frekuensi yang ditentukan oleh nilai hambatan pada kombinasi potensiometer 10KΩ (J6, potensiometer di sebelah IC; putar searah jarum jam untuk meningkatkan frekuensi) dan jumper pemilih skala / rentang frekuensi J1-J4.

Jumper pemilih ini berguna untuk memilih kapasitor dengan nilai kapasitansi sesuai skala / rentang frekuensi yang akan dibangkitkan. Tersedia empat pilihan nilai kapasitansi: 1nF (J1, rentang frekuensi 50 Hz), 100 nF (J2, rentang frekuensi 1 kHz), 1 µF (J3, rentang frekuensi 10 kHz), dan 100 µF (J4, rentang frekuensi 200 kHz). J1 adalah jumper terluar / paling dekat sisi PCB.

Potensiometer J7 berguna untuk menyetel siklus kerja / duty cycle, putar berlawanan arah jarum jam untuk meningkatkan persentase siklus kerja.

Berikut ini adalah skematik rangkaian elektronika dari modul pembangkit pulsa digital ini: