Bluetooth v4.0 Transparent Serial Module ini merupakan modul komunikasi serial melalui protokol Bluetooth 4.0 yang sangat mudah digunakan. Modul ini menggunakan IC CC2540 dari Texas Instrument yang merupakan BLE (Bluetooth Low Energy) System on-Chip (SoC) yang ideal digunakan untuk berbagai aplikasi hemat daya.

Anda dapat menggunakan modul ini untuk mengkomunikasikan berbagai rangkaian elektronika buatan Anda satu sama lain secara nirkabel, atau dapat juga digunakan sebagai antarmuka untuk pengendalian perangkat elektronika dari peralatan yang mendukung Bluetooth V4 seperti iOS (iPhone4S / model lebih baru) , PC (dengan dongleBTLE/4), Android v4.3 Jelly beanatau lebih baru, dsb.

Perintah dapat dikirimkan dari MCU melalui jalur serial (RX/TX) menggunakan perintah AT (AT-Commands), termasuk dalam pemilihan kecepatan transfer / baud-rate, menyetel nama peralatan (akan tampil saat dipindai dari peralatan lain) dan kata kunci / password,

Modul ini dapat berfungsi baik sebagai master maupun slave, yang pemilihannya juga diatur menggunakan AT Command (AT+ROLE). Sebagai master, modul ini dapat mencari peralatan lainnya (dengan perintah AT+RADD / query remote device address), dsb.

Spesifikasi Modul Inti HM-10
Core ModuleHM-10 ini sudah dipasangkan pada breakout board dengan akses yang mudah melalui pin header standar, dilengkapi dengan rangkaian pengubah tegangan logika secara terpadu / built-insehingga tidak perlu menggunakan logic level convertereksternal (dapat dihubungkan langsung dengan pin I/O bertegangan 5V seperti pada Arduino Uno/Mega). Sebagai tambahan juga sudah terpasang rangkaian pelindung terhadap polaritas terbalik untuk menjaga modul ini dari kerusakan akibat salah memasang kutub catu daya.