Modul ini merupakan rangkaian Dual H-Bridge Driver / Controller yang bisa digunakan untuk mengendalikan motor DC (Stepper Motordan/atau DC Motor) yang mudah dan praktis untuk digunakan. Anda bisa menghubungkan pin Digital I/O dari mikrokontroler / Arduino boardlangsung ke pin kendali dari modul elektronika ini (maksimum arus untuk kendali logika 36 mA, lebih kecil dibanding batas maksimum pasokan arus dari satu pin mikrokontroler pada umumnya yang dapat memasok hingga 40 mA).

Modul elektronika ini menggunakan IC L298Nyang mampu menangani arus hingga 2A pada masing-masing kanalnya (untuk DC motor dapat diparallel untuk menghasilkan arus yang lebih besar hingga ±3,5A).

Batasan tegangan pada penggerak beban (motor driver) dapat digunakan tegangan mulai dari 5 Volt hingga 35 Volt (maksimum daya yang dapat diserap adalah 25 Watts), sedangkan untuk IC driver (kedali logika / logic control) catu daya yang digunakan adalah 5V DC.

Sebagai alternatif apabila tegangan beban tidak lebih dari 12V, modul ini sudah dilengkapi dengan regulator tegangan internal menggunakan IC 78M05 untuk menghidupi driver IC, (tidak perlu catu daya 5V eksternal, daya diambil dari catu daya penggerak beban), diaktifkan dengan menyetel penempatan jumper. Untuk tegangan beban lebih dari 12V, gunakan catu daya 5V eksternal karena proses step-down 78M05 dari tegangan di atas 12V akan memboroskan daya (kelebihan tegangan "dibakar" oleh regulator linear ini) dan mengakibatkan panas berlebihan / overheating.

Catatan: Apabila digunakan dengan motor bertegangan tinggi (misalnya motor 24 Volt DC), sebaiknya tambahkan komponen proteksi tambahan seperti TVS / Transient Voltage Suppressoruntuk meredam Back-EMF dan/atau transient voltage-spikebertegangan sangat tinggi yang seringkali ditimbulkan oleh beban induktif.