Modul ini berguna sebagai pendeteksi kecepatan putaran motor, penghitung pulsa, pembatas posisi, dan aplikasi lainnya. Komponen elektronika utama pada modul ini yang berfungsi sebagai sensor adalah groove coupler sensor(toko kami juga menjual beberapa tipe dari komponen sensor sejenis ini seperti H2210, ITR9608, dsb.) atau sering juga disebut opto-interrupter/ photo-interrupter.

Sensor ini memiliki celah selebar 5 mm (½ cm) yang memadai untuk berbagai aplikasi umum. Untuk keperluan debugging, modul ini dilengkapi dengan LED SMD on-board yang akan menyala saat terminal keluaran bernilai logika HIGH.

Sebagai pemroses digunakan IC pembanding tegangan LM393 sehingga keluaran bernilai digital (0 atau 1; LOW atau HIGH; bernilai 1 / HIGH saat penghalang berada dalam posisi deteksi). Catu daya operasional berkisar antara 3,3 Volt hingga 5 Volt, cocok untuk digunakan bersama rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler seperti Arduino atau Raspberry-Pi.

Modul ini berukuran ringkas — hanya 32 x 14 mm dengan berat 5 gram — dengan lubang penyekrupan untuk memudahkan pemasangan.