Modul sensor radar pendeteksi gerakan / motion detector radar sensor model HB100ini bekerja berdasarkan efek Doppler, dimana pengamat merasakan perubahan frekuensi dari suara yang didengarnya manakala ia bergerak relatif terhadap sumber suara. Berdasarkan prinsip ini, modul elektronika ini memancarkan gelombang mikro berfrekuensi 10,525 GHz yang dibangkitkan oleh osilator resonator dielektrik (DRO, dielectric resonator oscillator) yang terpasang secara built-inpada chip HB100 X-Band Bi-static iniature Microwave Motion Sensorini dan dipancarkan oleh matriks antena microstrip patchinternal.

Penjelasan sederhana dari efek doppler: Apabila sinyal RF dikirimkan mengenai objek bergerak, sinyal akan dipantulkan dengan frekuensi yang bergeser sesuai dengan jarak antara sumber sinyal (modul ini) dengan target (objek yang bergerak). Ilustrasinya adalah pesawat jet yang melintas, kita akan mendengar suaranya dengan frekuensi berubah (frekuensi rendah saat mulai tampak, tinggi saat melintas di atas kita, dan kembali rendah saat menjauh). Singkatnya, frekuensi yang diterima akan lebih tinggi dibanding frekuensi yang diemisikan saat objek mendekat dan lebih rendah saat objek menjauh. Dengan menganalisa frekuensi dari pantulan sinyal secara berkesinambungan, modul ini dapat mendeteksi adanya objek bergerak di sekitarnya. Jarak deteksi dari modul ini mencapai 20 meter.

Modul ini sangat ideal untuk mengurangi kesalahan mendeteksi tanda peringatan semu /false alarms reductionpada sistem pendeteksi intrusi (intruder detection system, atau biasa dikenal sebagai buglar alarm/ sistem deteksi maling) saat digunakan bersama dengan sensor PIR / Passive Infrared Motion Detector Sensor. Modul ini juga dapat digunakan pada aplikasi sistem pembuka pintu otomatis (automatic door entry system) atau pendeteksi kecepatan kendaraan (vehicle speed detector / velocity measurement sensor).

Berbeda dengan PIR yang hanya dapat mendeteksi manusia / binatang (yang bersuhu tubuh kurang lebih sama dengan manusia) dengan memantau radiasi inframerah yang terpancar dari radiasi panas, modul sensor ini dapat mendeteksi gerakan objek apa saja.

Daya pancar gelombang efektif (EIRP, Effective Isotropic Radiated Power) tipikal dari modul ini sebesar 15±20% dBm, dirancang untuk memenuhi pesyaratan Federal Communications Commission, FCC rules Part 15 Section 15.245 (spesifikasi penggunaan alat elektronika untuk penggunaan dalam bangunan dan/atau untuk membuka pintu bangunan/ruangan), dengan tingkat emisi semu (spurious emission) kurang dari -7,3 dBm. Kekuatan signal pantulan yang diterima (RSS, Received Signal Strength) berkisar sekitar 200 µVP-P (diukur pada tingkat degradasi signal bolak-balik sebesar 93dB) dengan tingkat derau (noise rating) kurang dari 5 µVRMS, diukur pada terminal keluaran rentang frekuensi 10 - 100 Hz dalam ruang Anechoic. Pada lebar pita antena 3 dB, gelombang dipancarkan secara 3 dimensi pada sudut azimuth 80°, elevasi 40° (lihat diagram berikut).



Modul ini sangatlah responsif terhadap gerakan dengan waktu yang dibutuhkan untuk persiapan deteksi kurang dari 6 mikrodetik (tipikal 3 µSec atau tiga per sejuta detik).

Modul ini bekerja dengan catu daya 5 Volt DC dan mengkonsumsi arus sekitar 30 mA (maksimum 40 mA).

PERHATIAN: MODUL INI SENSITIF TERHADAP LISTRIK STATIS(ESD, ELECTROSTATIC SENSITIVE DEVICE)

Klik pada gambar skematik untuk memperbesar / memperjelas.
Penjelasan selengkapnya dari rangkaian ini dapat dilihat di tutorial tentang HB100.