Gas Sensor Modul FC-22ini merupakan solusi praktis untuk menggunakan berbagai macam sensor gas seri MQdengan konfigurasi lubang pin yang disusun menyerupai bentuk bintang / heksagonal sesuai dengan konfigurasi pin sensor MQ-series gas sensor probe.

Bukan cuma sekedar mounting adapter/ gas sensor carrier board, modul ini memiliki pembanding tegangan terpadumenggunakan LM393D Voltage Comparator ICyang akan memicu sinyal TTL di pin keluaran digitalnyaapabila tegangan (yang proporsional terhadap kadar konsentrasi gas terkait) melebihi nilai ambang batas / treshold level. Besarnya ambang batas ini dapat disetel / dikalibrasi dengan memutar potensiometer yang terpasang di papan sirkuit tercetak ini. Dengan fitur ini, Anda bisa menggunakan gas sensor seri MQ bukan cuma sebagai komponen pengukur, namun dapat juga digunakan sebagai saklar sensor yang akan membuka / menutup saat nilai ambang terlewati tanpa perlu diproses lagi lewat mikrokontroler, contoh aplikasinya misalnya dengan menyambung sensor gas karbonmonoksidadengan modul relayyang menyalakan kipas / exhaust fandi garasi saat kadar CO meningkat, menyambungkan sensor kebocoran gas elpijidengan alarm peringatan, dsb.

Sebagai tambahan modul elektronika ini juga dilengkapi dengan lampu indikator menggunakan SMD LED yang akan menyala saat ambang batas terlampaui.

Selain keluaran digital, sensor ini juga menyediakan breakout-pinkeluaran analogmelalui pin header siku yang terpasang untuk disambungkan dengan mudah ke rangkaian ADC/ pin masukan analog dari mikrokontroler/ Arduinomenggunakan kabel koneksi Dupontyang praktis dan mudah untuk dipasangkan.

Berikut ini gambar skematik rangkaian modul / sirkuit elektronika dari modul FC-22 MQ Gas Sensor Module ini: