PN532 adalah sirkuit terpadu untuk NFC (Near Field Communication) yang paling populer saat ini, dengan rangkaian berbagai komponen sistem NFC lengkap seperti umumnya termuat pada berbagai gadget modern yang mendukung NFC.

Kemampuannya meliputi pembacaan dan penulisan ke NFC tag dan kartu RFID, berkomunikasi secara nirkabel dengan telepon genggam (misalnya untuk transaksi pembayaran), dan berperan seperti sebuah tag NFC (mensimulasikan 1443-A atau kartu virtual).

Apapun aplikasi Anda yang menggunakan NFC, chip ini dapat memenuhi kebutuhan Anda mulai dari perangkat P2P (Peer-to-peer Communication, berkomunikasi dua arah dengan perangkat NFC lainnya) hingga komunikasi NFC dengan ponsel Android Anda!

Jarak baca dari modul ini berkisar antara 5 hingga 7 cm (jarak baca meningkat 1 cm dibanding sebelumnya).

NFC / Komunikasi Medan Dekat adalah metoda komunikasi yang dapat dilakukan secara nirkabel / tanpa kontak langsung antara dua peralatan elektronik yang berdekatan, analoginya mirip seperti komunikasi bluetooth jarak dekat yang tidak memerlukan proses otentifikasi. NFC berbasis pada teknologi RFID (Radio Frequency Identification) / sistem identifikasi berbasis gelombang radio, dimana pertukaran data dilakukan dengan memanipulasi induksi medan magnet sebagai medium.

Selain fungsi utamanya sebagai modul komunikasi NFC, Anda dapat menggunakan alat ini sebagai pembaca/penulis penanda RFID yang berfungsi pada frekuensi RFID 13,56 MHz. Penanda (RFID Card / RFID Token tag) yang didukung antara lain:
  • Mifare 1K, 4K, Ultralight, dan DesFire
  • ISO/IEC 14443-4 (contoh: CD97BX, CD light, Desfire, P5CN072/SMX)
  • Kartu dari Innovision Jewel (misalnya IRT5001)
  • Kartu dari FeliCa cards seperti RCS/860 dan RCS/854

Modul versi 3 ini berukuran kompak (42,7 x 40,4 mm dengan ketebalan hanya 4mm) sehingga mudah ditempatkan pada berbagai peralatan elektronika yang Anda rancang. Akses untuk semua pin akses dari IC NXP532 disediakan melalui lubang solder berjarak 2,54 mm (0.1" standard pin pitch / spacing) untuk pin header 8-pin dan 4-pin dan tambahan 10-pin dengan pitch 1,27 mm / 0.5" untuk fungsi-fungsi tambahan.

Antena sudah ditanamkan secara terpadu (terlindungi dengan sablonan putih di sekeliling sisi PCB). Pastikan menggunakan pin header siku / bentuk-L pada saat menghubungkan pin-pin tersebut untuk membentuk sudut 90° dengan antena untuk menghindarkan interferensi pada gelombang radio. Pin header siku sudah kami sertakan dalam paket ini.

Antarmuka kendali dapat dipilih melalui SMD toogle-switch antara 3 protokol: HSU (High Speed UART), I2C, dan SPI dengan konfigurasi saklar tercetak jelas pada PCB. Modul ini sudah dilengkapi pengatur tegangan sinyal / level shifter, dengan tingkat tegangan standar TTL 5V untuk protokol I2C dan UART, serta 3,3 Volt untuk protokol SPI (dipasangkan dengan resistor 100Ω secara seri, dapat langsung dihubungkan dengan pin I/O bertegangan 3,3V maupun 5V seperti pada Arduino Uno).

Pin untuk I2C dan HSU menggunakan pin yang sama, pemetaan pin untuk I2C dicetak di sisi depan PCB, pelabelan untuk HSU dapat dibaca di sisi belakang PCB.

Catu daya dapat menggunakan tingkat tegangan 3,3V hingga 5 Volt, sangat cocok untuk digunakan dengan rangkaian berbasis mikrokontroler seperti Arduino atau Raspberry-Pi.

Isi paket: 1 modul PN532 V3, pin header siku, kabel dupont untuk koneksi akses, 1 kartu Mifare S50 RFID Card, 1 keychain RFID token tag 13.56 MHz.