Modul pemroses keyboard / keyboard driver moduleini berguna untuk menghubungkan papan ketik / keyboardPS/2 (model yang umum digunakan di PC dengan konektor non-USB berbentuk bundar) dengan rangkaian elektronika berbasis mikrokontrolerseperti Arduino. Dengan modul ini, MCU utama tidak lagi dibebankan proses penguraian sinyal untuk menerjemahkan kode penekanan tombol kunci karena modul ini sudah dilengkapi MCU terpadu yang mengambil alih fungsi penguraian sandi (berfungsi sebagai co-controller).

Untuk mengakses modul ini disediakan dua pilihan untuk fleksibilitas maksimum, Anda dapat memilih antara antarmukaserial (UART, melalui pin RX/TX pada kecepatan 19200 bps), Two-Wire/ I2C (pin SCL dan SDA, alamat I2C 0x04). maupun paralel 8-bit(pin D7:D0). Data keluaran berupa kode pindai kunci (keyboard scan-code). Ketiga kanal keluaran dapat digunakan secara simultan / bersamaan, dengan catatan shunt jumperuntuk I2C harus dicabut apabila kanal I2C tidak dipergunakan. Sebagai tambahan, terdapat pin digital (logika TTL) yang akan bernilai HIGH saat tombol ditekan (keypressed/ keyDown), dan kembali menjadi LOW saat tombol dilepas (keyUp).

Anda dapat langsung menghubungkan sumber catu daya 5V sebagai pemasok daya karena modul elektronika ini juga sudah dilengkapi sirkuit pengatur tegangan (voltage regulator) secara terpadu. Ukuran modul 39,1 x 31,2 x 18 mm.