Modul RTC ini menggunakan IC DS1302 yang merupakan trickle charge clock chip dengan fungsi sebagai jam pencacah waktu (RTC / real-time clock) dan dilengkapi dengan RAM status selebar 31 bytes.

Sirkuit RTC pada modul ini menyediakan data waktu terkini mencakup detik, menit, jam, hari (tanggal dan hari), minggu, bulan, tahun, jumlah hari dalam sebulan, dan indikator tahun kabisat. Jam dapat diatur dalam format 12 jam (AM/PM) atau 24 jam.



Modul elektronika ini dihubungkan dengan mikrokontroler lewat komunikasi serial menggunakan 3 jalur I/O: reset (RST), I/O data, dan SCLK (sync clock).

Modul ini hemat energi, dengan konsumsi arus kurang dari 1mW. Pada saat rangkaian dalam keadaan mati (terputus dari pasokan catu daya), modul ini akan menggunakan tenaga dari baterai tipe CR1220(baterai standar yang murah dan mudah didapat di toko arloji, tipe non-rechargable). Catu daya dapat dipasok dengan tegangan mulai dari 2 Volt hingga 5,5 Volt, jadi modul ini bisa langsung digunakan bersama dengan development board semacam Raspberry Pi (3v3) atau Arduino(versi 3v3 / 5v).

Toko komponen elektronika kami juga menjual RTC Module yang menggunakan IC DS1302 seperti ini yang menggunakan baterai CR2302 yang berkapasitas lebih besar, silakan cek katalog harga kami untuk produk DS1302 RTC Module with CR2032 Battery.