Modul elektronika Obstacle Avoidance Sensorini berguna pada sistem robotika khususnya pada RC Car(Remote Controlled Car, mobil miniatur yang dikendalikan secara nirkabel lewat gelombang radio). Prinsip kerjanya dengan menggunakan pasangan pemancar dan penerima inframerah (IR / Infrared), dimana penerima akan mendeteksi objek di depannya yang memantulkan cahaya yang dipancarkan oleh pemancar inframerah.

Modul berukuran 31 x 15 mm  ini sangat mudah digunakan dari sirkuit pengendali berbasis mikrokontroler seperti pada Arduino. cukup dengan 3 pin (VCC, GND, dan OUT/ sinyal keluaran). Keluaran dari modul ini berupa sinyal digital yang akan bernilai LOW (active low) pada saat mendeteksi halangan / ada objek di depannya. Sensitivitas dapat disetel untuk jarak antara 2 cm hingga 80 cm (sudut deteksi 35°) dengan memutar potensiometer yang terpasang di modul ini. Proses pembanding menggunakan IC LM393 voltage comparator. Putar potensiometer searah jarum jam untuk menambah jarak deteksi.

Disediakan 2 buah lampu indikator, warna cahaya merah akan menyala saat catu daya terpasang, warna hijau akan menyala saat halangan terdeteksi.