Modul elektronika ini adalah modul yang praktis untuk digunakan dalam rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler seperti pada Arduino Development Board untuk mendeteksi suara. Modul ini terdiri dari beberapa komponen elektronika, antara lain electret condenser microphone, IC pembanding tegangan (voltage comparator) LM393, trimmer potentiometer untuk menyetel sensitivitas, LED SMD sebagai indikator, dan komponen-komponen SMD berkualitas tinggi seperti transistor, kapasitor dan resistor yang dibutuhkan oleh rangkaian elektronika ini untuk bekerja dengan sempurna.

Modul sensor ini bekerja dengan catu daya 5V yang dapat dihubungkan langsung ke pin 5V pada board Arduino Anda. Sinyal keluaran tersedia dalam bentuk sinyal digital TTL dengan nilai LOW pada saat mendeteksi suara (hubungkan dengan pin digital I/O pada Arduino) maupun dalam bentuk analog bertegangan 0 ~ 5V yang proporsional dengan amplitudo suara yang terdeteksi (hubungkan dengan pin ADC pada Arduino). Anda dapat menyetel tingkat sensitivitas dengan memutar trimmer potentiometer (komponen elektronika yang berwarna biru pada board moduleini) menggunakan obeng.

Karena tipe mikrofon yang digunakan adalah tipe directional condenser, sensor mendeteksi suara pada arah tertentu (directional), menjadikan modul ini fleksibel dalam aplikasi pendeteksian suara (Anda bisa menggunakan beberapa modul ini untuk melacak sumber suara secara eksak menggunakan perhitungan triangulasi).