Modul penerima inframerah (IR Receiver Module) ini dapat digunakan sebagai penerima pengendali jarak jauh berbasis infra merah (infrared remote control) yang bekerja pada frekuensi pembawa (carrier frequency) 38 kHz. Frekuensi ini merupakan frekuensi umum yang digunakan pada remote control peralatan elektronika komersial seperti remote TV / DVD, AC, dsb.

Modul ini menggunakan IR Receiver VS1838Byang merupakan sirkuit terpadu yang berisi dioda foto inframerah, penguat sinyal awal (input opamp), penyaring frekuensi (band pass filter), komparator, integrator, pemicu Schmitt, dan transistor penguat akhir dalam satu kemasan tunggal. Pada modul ini, akses tersedia dengan mudah melalui pin header 3 terminal, dua untuk catu daya (Vcc dan GND) dan satu sinyal keluaran untuk dihubungkan dengan pin digital pada mikrokontroler / Arduino. Pada breakout board ini sudah terpasang komponen eksternal pendukung (kapasitor dan resistor) yang dibutuhkan sehingga modul elektronika ini 100% siap pakai.

Apabila Anda membutuhkan remote control berbentuk tipis dan ringkas untuk pengendaliannya, Anda dapat memesan Infrared Thin Remote Control 18-Keysdi toko komponen elektronika online ini dengan harga murah.