Module ini dapat digunakan sebagai sensor tetesan air (water droplet)  yang jatuh ke papan deteksi. Contoh aplikasi misalnya sebagai sensor curah hujan, pendeteksi cairan tumpah, dsb.

Saat dihubungkan dengan catu daya 5V, LED indikator power akan menyala. Apabila tidak terdapat tetesan air (papan deteksi dalam keadaan kering), modul elektronika ini akan mengalirkan listrik dari catu daya ke pin keluaran. Apabila terdapat tetesan air, semakin besar tetesan yang jatuh (papan deteksi semakin basah), listrik yang dialirkan akan berkurang tegangannya (mendekati 0V saat basah total). Pada kondisi basah LED indikator basah akan menyala. Saat papan deteksi mengering, tegangan akan kembali ke 5V (HIGH state).

Pin keluaran analog dari modul sensor ini dapat dihubungkan dengan pin masukan analog (ADC pin) pada mikrokontroler, misalnya pada Arduino dapat disambungkan dengan pin analog (misalnya pin A0). Dengan membaca nilai terkonversi dari Digital-to-Analog Converter yang terhubung dapat diketahui besar tetesan air yang jatuh ke papan deteksi.

Selain itu terdapat juga pin keluaran digital yang akan bernilai HIGH (+5V) pada saat nilai ambang batas (treshold) dicapai. Nilai ambang batas ini dapat dikalibrasi dengan menyetel potensiometer pada modul sensor curah hujan ini.

Spesifikasi Produk

Berikut ini terjemahan dari huruf mandarin yang tertera pada PCB dari modul ini: