Electret Condenser Microphone (capacitor microphone) / electrostatic microphoneadalah komponen elektronika yang mengubah gelombang suara menjadi energi listrik.

Komponen elektronika ini berdiameter 9 mm dengan ketebalan 7 mm dengan dua kaki terminal untuk dipasangkan pada lubang PCB (tipe through-hole).  Khusus untuk praktisi elektronika di Indonesia, mikrofon ini kami jual dengan harga murah dalam paket berisi 2 buah mikrofon per paket.

Mikrofon jenis ini bekerja sesuai prinsip kapasitor dengan membran diafragma berfungsi sebagai salah satu lempeng kapasitor (capacitor plate). Saat terjadi vibrasi akibat paparan gelombang suara, jarak antar lempeng berubah proporsional terhadap amplitudo gelombang yang mengakibatkan perubahan nilai kapasitansinya. Tegangan jepit pada komponen elektronika ini berubah secara instan yang merupakan refleksi dari perubahan kapasitansi relatif terhadap beda potensial (bias voltage) di antara kedua terminalnya. Sebagai pengganti pasokan arus eksternal pada mikrofon kondensator biasa, pada electret microphonedigunakan material feroelektris yang terpolarisasi secara permanen (electrically charged).

Toko komponen elektronika kami juga menjual versi yang lebih kecil dari microphone electret ini dengan ukuran 6 x 5 mm, silakan cek harga dan ketersediaan stok secara online di artikel katalog kami tentang Mini Electret Condenser Microphone 6x5 mm.

Apabila Anda membutuhkan modul sensor suara siap pakai pakai yang sudah dirangkai dengan potensiometer dan IC pembanding tegangan (keluaran digital), toko komponen kami juga menjual Digital Sound Detection Module(voltage comparatorIC menggunakan LM393).