MMA7361adalah modul akselerometer hemat daya yang kaya fitur, antara lain: signal conditioning, 1-pole low-pass filter, kompensasi temperatur, self-test, deteksi 0G untuk mendeteksi jatuh bebas linear, pilihan resolusi sensitivitas, dan sleep mode yang membuat modul ini ideal untuk diaplikasikan pada perangkat portabel yang ditenagai baterai.

Fitur dari modul elektronika ini:
Contoh aplikasi yang cocok untuk menggunakan modul ini:
  • Permainan 3 Dimesi / 3D Gaming: Mendeteksi kemiringan (tilt) dan pergerakan (motion)
  • Proteksi perangkat portabel saat jatuh tanpa disengaja
  • Penstabil gambar pada kamera
  • Kompas elektronik
  • Pengendalian piranti elektronik (smart phone, remote control, handheld controller, etc.) berdasarkan pola gerakan / gesture
  • Pedometer, Robotika: pendeteksi gerakan
Tipe keluaran dari sensor ini adalah signal analog (variasi tegangan antara 0V hingga 3v3), satu signal keluaran untuk setiap sumbu sehingga total terdapat 3 signal keluaran analog. Mikrokontroler dengan fitur ADC (Analog-to-Digital-Converter) seperti ATmega328pada Arduino boarddapat membaca nilai keluaran dari analog ini lewat pin-pin masukan analog / analog input pins.

Catatan: Modul ini sensitif terhadap listrik statis (ESD / Electrosatic Discharge). Walaupun modul ini sudah dilengkapi dengan sirkuit pelindung ESD yang dapat menahan hingga 2000 Volt ESD, listrik statis melebihi 2000 Volt dapat terakumulasi pada tubuh manusia. ESD dapat mengurangi performansi dari modul ini, sebaiknya tempatkan modul ini secara terlindung dari kontak  langsung / konduksi elektris dengan pemakai. Apabila menggunakan casingberbahan metal, sisipkan komponen TVS / Transient Voltage Suppressorantara casingdengan ground.