Akselerometer model MMA7455L 3-Axis Accelerometerini adalah modul sensor gerak 3-dimensi dengan keluaran digitalyang bisa diakses melalui protokol I2C atau SPIdengan konsumsi daya rendah.

Modul elektronika ini dapat digunakan sebagai sensor pada perangkat yang dikendalikan oleh gerakan / gesture, mirip seperti cara kerja remote controller-nya Nintendo Wii. Dapat juga digunakan sebagai pendeteksi kejatuhan (misalnya: secara otomatis mematikan alat saat sensor ini mendeteksi gerakan jatuh / freefall, fungsi seperti ini digunakan pada hard-disk kelas premium untuk melindungi kerusakan data saat hard-disk jatuh). Aplikasi lainnya mencakup pedometer, perekam yang diaktifkan gerakan, sistem alarm, dsb.

Motion sensorini bertipe low profile capacitive micromachined accelerometer, dengan fitur pengkondisian sinyal (signal conditioning), pelewat frekuensi rendah (low pass filter), kompensasi suhu (temperature compensation), swaperiksa (self-test), dan moda siaga yang dapat digunakan pada perangkat portabel untuk menghemat penggunaan daya.

Sensor ini dapat diatur untuk mendeteksi gerakan lewat pin interupsi (INT1 atau INT2) dan deteksi pulsa untuk mendeteksi gerakan secara cepat. Ofset 0g dapat dikalibrasi lewat register 0g dan g-Select yang memungkinkan pemilihan 3 rentang akselerasi (2g / 4g / 8g).

Fitur Sensor Gerak MMA7455L

Contoh cara menghubungkan Arduino Uno + MMA7455L lewat antarmuka I2C: