MMA8451Q adalah IC sensor akselerometer MEMS (Micro Electro-Mechanical System) kapasitif 3-sumbu (triaxial / 3-axis MEMS capacitive accelerometer) hemat daya dengan resolusi 14 bits yang memiliki jangkauan sensitivitas yang dapat disetel pemakai antara ±2g, ±4g, hingga ±8g.

Modul akselerometer (pemantau kecepatan / percepatan) MMA8451 memiliki pengatur tegangan LDO / Low-DropOut voltage regulator3,3 Volt secara terpadu sehingga modul ini bisa dihidupkan dengan catu daya antara 3,6 V hingga 6 Volt DC.

Untuk berkomunikasi dengan modul sensor ini, mikrokontroler / sistem (Arduino, Raspberry-Pi, dsb.) dapat dihubungkan lewat antarmuka I2C yang mampu beroperasi hingga kecepatan 2,25 MHz (catatan: gunakan pull-up resistordengan nilai yang sesuai dengan karakteristik pin I/O pada mikrokontroler / sistem yang Anda gunakan). Terdapat fungsi interupsi yang membebaskan mikrokontroler dari waktu yang terbuang untuk mengumpulkan data (continous data polling), interupsi dapat diatur untuk membangkitkan sinyal pemicu interupsi (wakeup interrupt signal) dari satu atau kombinasi kejadian (event-driven interrupt) yang memungkinkan sensor ini untuk memonitor kondisi selama berada pada moda hemat daya, dengan demikian modul ini sangat cocok digunakan pada perangkat elektronik portabel yang ditenagai baterai.



Aplikasi dari modul sensor ini mencakup robotika, pendeteksi kemiringan / pergerakan, kompas elektronik, pemantau tumbukan / getaran, pendeteksi orientasi real-time, pendeteksi gerak jatuh bebas, dsb.