Modul dekoder MP3 / Embedded MP3 Moduleini dapat digunakan pada proyek Arduino atau rangkaian berbasis mikrokontroler yang Anda buat untuk memberikan kemampuan memainkan file suara / audioyang dikodekan dengan algoritma MPEG-3 Audio(MP3 Audio Codec). Selain itu modul ini dapat dirangkaikan sebagai perangkat pemutar MP3 secara independen tanpa mikrokontroler, dikendalikan dengan menyambungkan pin-pin terkait dengan tombol tekan.


Catatan: modul ini betul-betul untuk memainkan MP3(bukan sekedar istilah, namun dapat menguraikan format kompresi MPEG-1 Audio Layer IIIsesuai spesifikasi Moving Picture Expert Group). Perhatikan saat membeli modul yang sering dinamakan "MP3 Player" di tempat lain dengan harga murah namun sebenarnya hanya dapat memainkan file suara dalam format WAV dengan APDCM encoding. Kami juga menjual modul audio player seperti ini (contoh: ISD1820 Voice Recorder/Player), namun kami tidak pernah mengklaim modul semacam itu sebagai "MP3 Player".

Spesifikasi & Fitur MP3 Decoder/Player Board ini:

Daftar Perintah(1 byte, dikirimkan lewat antarmuka serial/paralel):


Sekilas tentang format Audio MP3...
MPEG-1 Audio Layer 3 atau lebih dikenal sebagai MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) yang memungkinkan ukuran file yang sangat kecil. MP3 memakai penyandian PCM (Pulse Code Modulation) yang ditransformasikan secara hibrid dengan penyaring polyphase quadrature 32-band, transformasi  MDCT (modified discrete cosine transform) dan algoritma post-aliasing, yang mana secara awam dapat dikatakan bahwa format MP3 mereduksi jumlah bit data dengan signifikan secara psikoakustik untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia.


Pin#Nama PinDeskripsi
1P0Pengendali lewat
koneksi Paralel
2P1
3P2
4P3
5P4
6P5
7P6
8P7
9VOL-Pengatur Volume
(Sambungkan ke push-button)
10VOL+
11SCLKoneksi I2C
untuk EEPROM
12SDA
13BUSYIndikator Sibuk (LOW=busy)
14PLPicu Masukan Paralel /
Parallel Input Trigger
15RXDPengendali lewat
koneksi Serial (4800,8N1)
16TXD
17HPRAudio Out (Right)
18HPLAudio Out (Left)
19GNDGROUND
20VDDCatu Daya 6~12 VDC