Toko komponen elektronika kami menjual modul GY-521 / MPU-6050 dengan harga murah. Sensor ini adalah modul sensor gerak terpadu yang merupakan giroskop 3 sumbu sekaligus pengukur percepatan (akselerometer) 3 sumbu / 3-axis MEMS gyroscope + 3-axis MEMS accelerometer. Sensor ini sangat akurat, dengan ADC (analog-to-digital converter) internal beresolusi 16-bit.

Modul ini menggunakan IC InvenSenseMPU-6050yang merupakan komponen elektronika pertama dan satu-satunya di dunia yang memadukan fungsi giroskop dan akselerometer dalam satu sirkit terpadu (IC / integrated circuit).

MPU-6050 menerapkan teknologi MotionFusion™ dan run-time calibration firmware yang menjamin kinerja optimal bagi pengguna. Dengan adanya Digital Motion Processor™ modul ini dapat diintegrasikan dengan magnetometer atau sensor lainnya lewat antarmuka I2C untuk memproses algoritma gerakan yang kompleks secara internal tanpa membebani kerja mikroprosesor / mikrokontroler utama.


Produsen IC ini mendukung pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menggunakan chip ini, antara lain dengan merilis API (Application Programming Interface) yang dapat diakses dari situs web resmi Invensense.

Fitur dan Spesifikasi MPU-6050

Berikut ini adalah contoh cara menyambungkan modul MPU-6050(GY-521) dengan Arduino Pro Mini: