MPX5700DPadalah transducerpendeteksi tekanan hambatan-piezo(piezoresistive pressure sensor) produksi Freescale Semiconductor yang sangat cocok digunakan dengan mikrokontroler yang memiliki masukan ADC (Analog-to-Digital Converter) seperti AVR MCUyang digunakan di Arduino.

Komponen elektronika ini merupakan transduser tunggal yang mengkombinasikan teknik canggih pembuatan mesin berukuran mikro (advanced micromachined techniques), teknologi penempatan logam pada lapisan film tipis (thin-film metallization), dan pemrosesan kutub ganda (bipolar processing) untuk menghasilkan sinyal keluaran analog tingkat tinggi yang akurat secara proporsional terhadap tekanan yang akan diukur.

Fitur dari sensor Freescale MPX5700DP:
Berikut ini adalah grafik kurva sinyal keluaran (berupa tegangan) terhadap perbedaan tekanan yang terukur:



Catatan tentang satuan tekanan:

Satuan Internasional (SI, International System of Units) untuk tekanan adalah Pascal(sama dengan 1 newton / meter persegi = 1 kg / m.s2). Tekanan atmosfer (1 atm = 1 atmosfer) pada permukaan air laut distandarkan setara dengan 101.325 Pascal (101,325 kPa).

Tekanan juga sering dinyatakan dengan PSI (pounds per square inch, satuan Eropa) dimana 1 PSI setara dengan 6,89465729 kPa, atau sebaliknya 1 kPa = 0,145 PSI. Cara lain menyatakan tekanan pada magnitudo besar dengan satuan bar dengan satu bar setara dengan 105Pascal atau 100 kPa.

Dengan demikian, sensor MPX5700DP ini dapat mengukur perbedaan tekanan pada rentang sbb.:

Pin #1 adalah pin paling kiri saat nomor model terlihat (tampak depan).