Modul sensor MQ131ini adalah sensor yang mampu mendeteksi kadar gas ozon(O3) dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tegangan keluaran. Sensor ini merespon perubahan kadar ozonedengan cepat dengan sensitivitas tinggi, stabil dan awet, mudah diarah-kendalikan menggunakan rangkaian elektronika yang sederhana dengan rentang pendeteksian yang lebar.

Aplikasi dari sensor ini mencakup peralatan pengendali dan pengawasan kualitas udara, pemantau umpan balik dari peralatan pembangkit ozon, dsb.

Bahan yang digunakan sebagai probe sensor elementadalah cassiterite / timah-oksida (SnO2) dengan tingkat konduktivitas yang lebih rendah pada udara bersih. Ketika terpapar gas ozon, konduktivitas pada material ini meningkat secara proporsional mengikuti kadar konsentrasi gas tersebut. Dengan rangkaian elektronika sederhana, perubahan konduktivitas ini dapat dikonversi menjadi tingkat konsentrat gas terkait, dalam hal ini gas ozon (O3) atau gas lainnya seperti Cl2, NO2, dsb (detail selengkapnya silakan baca datasheetterlampir).

Toko komponen elektronika online kami menjual sensor ini lengkap dengan modul pemrosesnyayang menyediakan dua tipe keluaran sekaligus: keluaran analog(tegangan proporsional dengan kadar konsentrasi gas yang terdeteksi) dan keluaran digital(sinyal TTL dengan sensitivitas ambang batas / treshold triggeryang dapat disetel melalui potensiometer terpasang, untuk IC pembanding / voltage comparatordigunakan LM393D).