MQ-2adalah komponen elektronika untuk mendeteksi kadar gas hidrokarbon seperti iso butana (C4H10 / isobutane), propana (C3H8 / propane), metana (CH4 / methane), etanol (ethanol alcohol, CH3CH2OH), hidrogen (H2/ hydrogen), asap (smoke), dan LPG (liquid petroleum gas). Gas sensor ini dapat digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas di rumah / pabrik, misalnya untuk membuat rangkaian elektronika pendeteksi kebocoran elpiji.

Dengan menggunakan MQ-2 Hydrocarbon Gas Sensorini, Anda dapat mendeteksi kadar gas hirdokarbon dalam udara dengan menyambungkan sensor ini ke mikrokontroler/ development boardsemacam Arduino. Dengan demikian Anda bisa membuat perangkat elektronik untuk menentukan aksi berdasarkan data yang terbaca, misalnya membunyikan tanda peringatan bahaya saat kebocoran gas terdeteksi.

Tingkat sensitivitas sensor MQ-2 bervariasi untuk masing-masing tipe gas hidrokarbon yang dapat dideteksi sesuai tabel berikut ini:
Keluaran sensor ini berupa resistansi analog yang dengan mudah dapat dikonversi menjadi tegangan dengan menambahkan satu resistor biasa (bisa juga menggunakan potensiometer sehingga ambang batas sensitivitas deteksi dapat disetel sesuai kebutuhan). Dengan mengkonversi impedansi ini menjadi tegangan, hasil bacaan sensor dapat dibaca oleh pin ADC (analog to digital converter) pada microcontroller.

Berikut ini adalah contoh program Arduino (Arduino Sketch) untuk membaca nilai keluaran dari sensor MQ-2:
intsensorValue;

voidsetup()
{
  Serial.begin(9600); // sets the serial port to 9600
}

voidloop()
{
  sensorValue = analogRead(0); // read analog input pin 0
  Serial.println(sensorValue, DEC); // prints the value read
  delay(100); // wait 100ms
}