MQ-4adalah komponen elektronika untuk mendeteksi kadar gas alam terkompresi / CNG (compressed natural gas) — utamanya mengandung gas metana (methane, CH4) yang merupakan bentuk paling sederhana dari hidrokarbon. Walaupun tidak bersifat racun, gas metana dapat berbahaya karena mudah terbakar (combustive / flammable gas). Gas ini tidak berbau dan tidak berwarna, menjadikannya sulit untuk dideteksi secara langsung oleh manusia.

Dengan menggunakan MQ-4 Methane CNG Sensor Module ini, Anda dapat mendeteksi kadar gas metana dalam udara dengan menyambungkan sensor ini ke mikrokontroler/ development boardsemacam Arduino. Dari situ Anda bisa membuat program untuk menentukan aksi berdasarkan data yang terbaca, misalnya menyalakan alarm saat kadar gas metana ini mencapai ambang batas tertentu yang membahayakan, atau sekedar menampilkan kadar ppm (parts per million) gas tersebut di layar tampilan.

Sensor MQ-4 merupakan sensor yang sangat sensitif terhadap CNG dan dapat mendeteksi konsentrat gas alam di udara mulai dari 200 ppm hingga 10.000 ppm. Keluaran sensor ini berupa resistansi analog yang dengan mudah dapat dikonversi menjadi tegangan dengan menambahkan satu resistor biasa. Dengan mengkonversi impedansi ini menjadi tegangan, hasil bacaan sensor dapat dibaca oleh pin ADC (analog to digital converter) pada mikrokontroler.


Contoh Arduino Sketch untuk membaca MQ-4 Sensor data:
intsensorValue;

voidsetup()
{
  Serial.begin(9600); // sets the serial port to 9600
}

voidloop()
{
  sensorValue = analogRead(0); // read analog input pin 0
  Serial.println(sensorValue, DEC); // prints the value read
  delay(100); // wait 100ms
}