Sensor gas MQ-5adalah sensor universal gas yang mampu mendeteksi berbagai jenis gas seperti  hidrogen (H2), karbonmonoksida (CO), metana (CH4), etanol (CH3CH2OH), propana (C3H8), butana (C4H10), dan gas hidrokarbon lainnya.

Sensor gas ini memang tidak sesensitif sensor gas lainnya (misalnya: untuk mendeteksi LPG yang utamanya terdiri atas propana dan butana, MQ-6lebih sensitif. Untuk gas metana dan gas alam, MQ-4lebih sensitif. Untuk mendeteksi alkohol paling baik menggunakan MQ-3. Sebagai pendeteksi asap, gunakan MQ-2), namun kelebihannya adalah sifatnya yang universal yang mampu mendeteksi tipe gas yang lebih luas.

Keluaran sensor ini berupa resistansi analog yang dengan mudah dapat dikonversi menjadi tegangan dengan menambahkan satu resistor biasa (bisa juga menggunakan potensiometer sehingga ambang batas sensitivitas deteksi dapat disetel sesuai kebutuhan). Dengan mengkonversi impedansi ini menjadi tegangan, hasil bacaan sensor dapat dibaca oleh pin ADC (analog to digital converter) pada microcontroller.

Berikut ini adalah contoh program Arduino(Arduino Sketch) untuk membaca nilai keluaran dari sensor MQ-5:
intsensorValue;

voidsetup()
{
  Serial.begin(9600); // sets the serial port to 9600
}

voidloop()
{
  sensorValue = analogRead(0); // read analog input pin 0
  Serial.println(sensorValue, DEC); // prints the value read
  delay(100); // wait 100ms
}