MQ-7 CO Gas Sensoradalah komponen elektronika untuk mendeteksi kadar gas karbon monoksida (carbon monoxide / CO gas sensor). Gas ini dihasilkan dari pembakaran tak sempurna dari senyawa karbon, umumnya terjadi pada mesin pembakaran dalam seperti pada mesin kendaraan, terbentuk akibat terjadi kekurangan pasokan oksigen pada proses pembakaran.

Karbon monoksida adalah gas polutan yang mudah terbakar dan bersifat racun / toxic. Pada konsentrasi tinggi, karbon monoksida bahkan dapat menyebabkan kematian dan merupakan sebab utama keracuan yang paling umum terjadi di beberapa negara (sumber: Metabolic modulation of carbon monoxide toxicity). Selain itu gas ini memiliki efek radiatif forcingyang secara tidak langsung menaikkan konsentrasi metana / CH4(untuk mendeteksi gas metana secara khusus dapat digunakan CNG sensor MQ-4).

Walaupun berbahaya dan beracun, gas ini tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna, menjadikannya sulit untuk dideteksi oleh panca indera manusia.

Dengan menggunakan MQ-7 Carbon Monoxide Gas Sensor Moduleini (sudah merupakan modul lengkap dengan IC pembanding tegangan LM393 dan trimmer potentiometer untuk menyetel sensitivitas), Anda dapat mendeteksi kadar gas CO di udara dengan menyambungkan sensor ini ke mikrokontroler / development board semacam Arduino.

Dengan demikian bisa membuat program untuk menentukan aksi berdasarkan data yang terbaca, misalnya menyalakan tanda bahaya saat kadar gas karbon monoksida mencapai ambang batas tertentu yang membahayakan, membuka katup Cuprous Chlorideuntuk menetralisir, atau sekedar memantau kadar ppm (parts per million) gas tersebut dengan tampilan angka di seven segment LED / LCD display.