Catatan: MX25L3206EM2I-12Gdikemas dalam bentuk SMDSOP-8 200mil, bebas timbal.

DESKRIPSI PRODUK

MX25L3206Eadalah chip memori (CMOS NOR Flash) berkapasitas 32 Megabit (4 Megabyte) yang dapat diakses dengan mudah hanya dengan 3 pin koneksi (3-wire: SCLK, SI, SO) melalui protokol SPI (Serial Peripheral Interface) plus 1 pin aktivasi (CS).

Chip ini juga memiliki modus keluaran ganda (dual output mode), dimana SI an SO menjadi pin SIO0 dan SIO1 untuk keluaran data.

Untuk akses array/ string, data dapat dibaca secara sekuensial dengan cepat (addressing/ pengalamatan tidak perlu dilakukan berulang kali).

Data dapat dibaca dengan beberapa cara: per byte, per halaman (page, @ 256 bytes), atau per word. Penghapusan dapat dilakukan secara cepat per sektor (data diorganisasi ke dalam 1024 sektor, masing-masing sepanjang 4 Kilobyte), per blok (64 blok @ 64 KB).

Untuk kemudahan pengguna, chip ini dilengkapi dengan register status yang menunjukkan kondisi chip. Perintah untuk membaca status dapat diberikan untuk mendeteksi apakah operasi penulisan / penghapusan sudah selesai atau belum dengan membaca nilai dari bit WP.

Chip ini akan memasuki modus siaga (standby mode) ketika CS dalam kondisi tinggi (ditarik ke Vcc).

Memori dapat dimodifikasi hingga 100.000 kali siklus penulisan / penghapusan. Chip ini memiliki performa sangat tinggi (menggunakan 86 MHzserial clockuntuk modus keluaran tunggal, 80 MHz untuk keluaran ganda) dengan tipikal kecepatan memberi perintah sekitar 1,4 ms, kecepatan menulis 9 µs / byte (9 MB/detik), kecepatan menghapus 60 ms / sektor atau 0,7 detik / blok (44,8 detik untuk menghapus keseluruhan memori). Retensi data dijamin mencapai minimal 20 tahun.

Tegangan catu daya tipikal yang dibutuhkan untuk chip ini (VCC) berkisar 3V, antara 2,7V sampai 3,6V, maksimum 4,6 volt (lebih dari 4,6 volt akan merusak chip ini!). Konsumsi arus sekitar 20-25 mA pada saat mengakses data, 40 µA pada modus siaga, 5 µA pada modus non-operasional.

Chip ini dapat beroperasi pada suhu -40°C hingga 85°C.


KONFIGURASI PIN



Pin#1: CS = Chip Select (active low)
Pin#2: SI/SIO0 = Serial Data Input / 1stSerial Data Input & Output (Dual Output Mode)
Pin#3: WP  = Write Protection (write protected while low)
Pin#4: GND= Ground Reference
Pin#5: SI/SIO1 = Serial Data Output / 2ndSerial Data Input & Output (Dual Output Mode)
Pin#6: SCLK = Clock Input
Pin#7: HOLD  = Hold when pulled low, pause device without deselecting
Pin#8: VCC = Power supply, ±3 Volts DC

PETUNJUK PEMAKAIAN

Sebelum perintah diberikan, periksalah dahulu nilai dari register status  untuk memastikan chip dalam keadaan siap untuk melaksanakan perintah.

Perintah dan data dimasukkan secara serial lewat pin SI dan signal clockdi pin SCLK . Data akan diingat (latched) pada sisi naik (rising edge) dari pulsa SCLK, dan data biner akan digeser (shift-out) pada sisi turun (falling edge) dari pulsa SCLK.

Untuk perintah RDID, RDSR, RDSCUR, READ, FAST_READ, DREAD, RES dan REMS, data menyusul dimasukkan (shifted-in) segera sesudah bit-bit instruksi dimasukkan. Setelah bit data dimasukkan, CS dapat tetap tinggi. Namun untuk instruksi WREN, WRDI, WRSR, SE, BE, CE, PP, RDP, DP, ENSO, EXSO dan WRSCURCS  harus naik tepat pada perbatasan byte, atau instruksi akan ditolak dan tidak dilaksanakan. Deskripsi perintah selengkapnya dapat dibaca di datasheet (halaman 14-22).

Chip ini memiliki fitur proteksi data terhadap keseluruhan byte dalam suatu blok (atau beberapa blok) dengan menyetel nilai BP3:0 di status bits. Selain itu terdapat fitur OTP yang memberikan proteksi permanen terhadap data sepanjang 512 bit yang hanya bisa ditulis sekali saja (dapat digunakan untuk menulis identitas peralatan / device ID atau ESN / Electronic Serial Numbersecara permanen). Detail tentang fitur keamanan ini bisa dibaca di datasheet (halaman 12).