IC 555 adalah yang sering disebut sebagai "the immortal time-machine IC" adalah IC pewaktu (timer IC) yang dapat digunakan sebagai pewaktu (timer) dan multivibrator pembangkit frekuensi rendah (low frequency generator multivibrator) dalam kemasan DIP-8 pin.

Toko komponen elektronika online kami menjual IC NE555Pberkualitas tinggi dari Texas Instrumentsini dalam paket berisi 4 keping IC per lot dengan harga murah.

Sirkuit terpadi ini adalah rangkaian pewaktu yang presisi yang mampu membangkitkan osilasi dan waktu tunda yang akurat.

Pada moda operasi waktu tunda atau disebut sebagai moda operasi ekamantap / monostable mode of operation, jeda waktu (timed interval) dikendalikan oleh jejaring RC (RC network, resistor + capacitor pair) eksternal.

Pada moda osilasi atau disebut sebagai moda operasi takmantap / astable mode of operation, frekuensi dan siklus kerja (duty cycle) dapat dikendalikan secara independen oleh dua resistor eksternal dan satu kapasitor eksternal.

Nominal ambang batas (treshold) dan batas picu (trigger level) biasanya sebesar masing-masing 2/3 dan 1/3 dari VCC. Tingkatan ini dapat diubah dengan menggunakan terminal kendali tegangan. Ketika tegangan picu masukan jatuh di bawah batas picu, flip-flip akan diset yang mengakibatkan terminal keluaran menjadi tinggi (HIGH). Ketika tegangan picu masukan naik di atas batas picu dan  ambang batas, flip-flop akan mereset dan terminak keluaran menjadi rendah (LOW). Pin RESET dapat digunakan untuk mengambil alih kendali dari semua masukan dan memulai siklus pewaktu baru. Ketika nilai RESET rendah (LOW), flip-flip akan mereset dan keluaran menjadi rendah (LOW). Pada kondisi keluaran rendah, jalur dengan impedansi rendah disediakan antara pin pelepasan (DISCH, discharge pin) dengan ground.

Terminal keluaran mampu meyerap (sinking) atau memasok (sourcing) arus hingga 200 mA. Rentang catu daya berkisar antara 5V hingga 15V, ketika catu daya 5V digunakan tingkat sinyal keluaran kompatibel dengan tingkatan TTL (transistor-transistor-logic, tingkat tegangan yang umum digunakan pada rangkaian digital berbasis tegangan 5 Volt).
TI NE555P Timer IC 555 Pinout Diagram