Sirkuit terpadu pemroses suara NJW-1132A Audio Processor ini merupakan komponen elektronika "pintar" yang memuat berbagai macam fungsi pengolahan sinyal suarauntuk aplikasi multimedia seperti pengendalian nada (tone control), penyeimbang kanal suara (balance control), pengatur kekerasan suara (volume control), fungsi pembisu (audio mute), dan fungsi-fungsi AGC / Audio Gain Control(pengendalian penguat suara yang mereduksi perbedaan volume suara antara berbagai sumber masukan).

IC berteknologi Bi-CMOS ini juga menerapkan pemroses suara surround3-dimensi dan Matrix Surround. Peningkatan kualitas suara dihadirkan dengan meregenerasi sinyal suara definisi tinggi yang mendekati suara asli (real sound). Semua status dan variabel pengaturan kendali suara dapat dibaca dan disetel melalui antarmuka I2C sehingga IC ini sangat cocok digunakan bersama mikrokontroler yang mendukung protokol Two-Wire / IICseperti ATmega328P(MCU yang digunakan di papan pengembang Arduino).

Peningkatan suara BBE Sound Enhancement meningkatkan kekerasan suara tanpa mengorbankan kualitas (suara tetap jernih) dengan low boostdan high boostmaksimum 15 dB. Teknologi peningkatan kualitas suara BBE ini dilisensikan oleh JRC (Japan Radio Club, produsen IC ini) dari BBE Sound Inc.yang merupakan pionir dalam teknologi improvisasi suara sejak tahun 1985.

Berikut ini adalah diagram fungsional (functional block diagram) dari komponen elektronika ini:


Rentang catu daya operasional antara 8 hingga 13 Volt, dikemas dalam kemasan SDIP30 (Shrink-DIP 30-pin, jarak antar pin / lead pitch0,7 inch (0.7" setara 1,778 mm).