Versi SMD:

Transient Voltage Suppresors Diode

Dioda Transient-voltage-suppression (TVS) adalah komponen elektronika yang digunakan untuk melindungi rangkaian elektronik yang sensitif dari kenaikan tegangan sementara secara tiba-tiba (voltage spike) yang terinduksi pada kabel yang terhubung, utamanya pada rangkaian yang berhubungan dengan motor listrik dan gulungan koil. Komponen ini bekerja dengan membuang kelebihan arus ketika tegangan induksi melewati batas ambang tegangan pemutus (avalanche breakdown voltage). Seperti semua komponen penjepit tegangan (clamping devices), TVS akan otomatis reset ketika kondisi kelebihan tegangan berlalu, namun menyerap energi transien secara internal jauh lebih banyak dibanding peralatan crowbar lainnya seperti SCR / Triac / dsb.

Kecepatan respon komponen ini bisa dikatakan instan, bereaksi dalam hitungan picosecond (1/miliar detik) sehingga dapat memproteksi komponen seperti IC, komponen-komponen MOS, dan komponen-komponen semikonduktor lainnya yang sensitif terhadap variasi tegangan ekstrim.

Kami menyediakan dioda zener tipe TVS (Transient Voltage Suppresors) sebagai berikut:

Harga: Rp 25.000,- / 10 pcs
Stok: Tersedia (through-hole DO-15 Axial-lead plastic package)



Juga tersedia dalam format SMD (Surface Mounted Device):

P6SMB6.8CA : 6.8V 600W Surmetic™-40 Zener TVS <Bidirectional>
VRWM=5.8 V; IR @ VRWM=2000 µA; VBR=6.45-7.14 V; VC @ IPP(57A)=10.5 V
Datasheet: [ P6SMB6.8CA Datasheet]
Harga: Rp 35.000,-/ 10 pcs




PETUNJUK MEMILIH TVS

Gunakan TVS dengan besaran VRWM (Maximum Working Peak Reverse Voltage) yang sama / lebih besar dibanding tingkatan tegangan yang digunakan oleh rangkaian yang akan dilindungi.

Tegangan yang dapat diserap mencapai 15 kV (induksi lewat udara) atau 8 kV (induksi lewat hubungan langsung).

catatan: Besaran daya pada spesifikasi di atas (600W / 1500W) adalah besaran daya untuk pulsa sepanjang 1 ms.


REFERENSI

Datasheet masing-masing komponen dapat diunduh dengan mengikuti tautan yang disertakan di setiap entri produk. Untuk informasi tentang TVS secara umum dapat dibaca di wikipedia tentang TVS.