Modul PL2303HX ini berguna untuk berkomunikasi dengan peralatan eksternal dengan port USB(Universal Serial Bus) secara raw serial seperti pada protokol RS-232 namun pada tingkatan tegangan signal yang kompatibel dengan TTL, level tegangan yang umum digunakan pada UART mikrokontroler berbasis 5V. Dengan fungsinya yang demikian, modul ini dikenal dengan istilah "USB to TTL converter". atau "USB to UART adapter".

Sesuai namanya, modul elektronika ini menggunakan chip IC PL2303HX dikenal stabil dalam komunikasi berkecepatan tinggi. Dua buah LED SMD terpasang sebagai indikator saat transmisi aktif. Untuk menjaga peralatan dari kerusakan akibat kelebihan beban, modul ini memiliki sirkit pelindung terhadap kondisi kelebihan arus.

Anda dapat menggunakan modul ini sebagai modul komunikasi serialantara mikrokontroler / development board yang belum memiliki fitur USB terintegrasi (misalnya Arduino Pro Mini).

Pada beberapa aplikasi modul ini juga digunakan sebagai programmer untuk mengunggah kode program ke mikrokontroler yang mendukung in-circuit serial programming sehingga modul ini sering juga disebut sebagai "USB UART Programmer" walaupun pada prakteknya akan sedikit merepotkan karena Anda harus melakukan resetsecara manual (untuk kepentingan ini lebih baik menggunakan perangkat khusus pengunggah kode program seperti usbASP).