Anda dapat mengakses/mengendalikan modul FM Radio ini dari mikrokontroler dengan mudah karena modul radio berukuran mungil ini (11 x 11,2 mm) menggunakan IC RDA5807Myang merupakan FM Radio Moduledengan antarmuka I2C. Modul ini memiliki sensitivitas yang cukup baik dengan faktor derau yang rendah (low noise factor) dan fitur anti-interferensi. IC berteknologi CMOS ini juga dikenal unggul karena konsumsi dayanya yang sangat hemat sehingga cocok untuk diaplikasikan pada perangkat portabel bertenaga baterai.

Gelombang radio yang didukung mencakup rentang gelombang FM di frekuensi 76 hingga 108,5 MHz yang diimplementasikan dengan menggunakan ADC (Analog-to-Digital Converter) dan rangkaian sintesa frekuensi digital / digital frequency synthesizerterpadu.

Fitur lainnya mencakup peredam derau terpadu (noise reduction), soft mute, dan rangkaian bass boost. Keluarannya dapat langsung dihubungkan dengan headphone berimpedansi 32Ω secara langsung tanpa perlu penguat audio / amplifiereksternal. Apabila keluaran akan dihubungkan dengan loudspeaker, Anda bisa menggunakan amplifiermini PAM8403yang juga dijual di toko komponen elektronika ini.

Signal FM yang diterima sepenuhnya diproses secara digital, termasuk dalam sistem pencarian siaran otomatis / PLL automatic tuning system. Modul ini dapat dikendalikan dari mikrokontroler (atau Arduino) dengan mudah karena menggunakan antarmuka digital dengan protokol I2C / IIC.

VCC: Hubungkan dengan catu daya 3,3 Volt
GND: Hubungkan dengan ground
SCL, SDA: Antarmuka I2C
ANT: Antena FM
RCK: Hubungkan dengan pewaktu eksternal (external clock), opsional.