Komponen elektronika ini adalah sensor inframerah piroelektrisyang merupakan komponen inti dari modul sensor gerakan manusia / human motion detector PIR Sensoryang populer. Dengan menggunakan komponen ini Anda bisa membuat sensor berbasis PIR kreasi sendiri secara spesifik sesuai kebutuhan.

Sensor terdiri atas elemen aktif ganda berupa dua bidang sensitif berukuran 2 x 1 mm dengan spasi 1 mm yang dikonfigurasikan sebagai balanced differential series opposed type (keluaran terseimbangkan maksimum 15% pada 1 Hz) dengan kompensasi yang baik terhadap suhu ruangan sekitar dan sensitivitas tinggi terhadap perubahan kecil pada pola suhu spasial. Signal termal serendah nol koma sekian mikrowatt sudah cukup untuk dideteksi oleh sensor ini.

PIR (Pyroelectric Passive InfraredSensor ini dirancang secara optikal dengan substansi penyaring berbahan silikon untuk menangkap radiasi pada pita frekuensi inframerah tertentu (sensitif terhadap radiasi panas dari tubuh manusia) pada rentang panjang gelombang 10 micron.


Piroelektrisitas adalah kemampuan material tertentu untuk mengubah energi potensial panas (heat potential) menjadi energi potensial listrik (electric potential) saat material tersebut menerima perubahan temperatur (dipanaskan atau didinginkan). Akibat perubahan suhu ini, muatan positif serta negatif bergerak ke ujung-ujung yang berhadapan/berlawanan melalui migrasi (misalnya bahan menjadi terpolarisasi) dan dengan begitu, terbentuklah energi potensial listrik.

Spesifikasi komponen elektronika RE200B

Diagram geometris dari komponen elektronika ini:



Konfigurasi sirkit / rangkaian elektronika dalam komponen ini dapat digambarkan dengan simbol komponen elektronika pada diagram di sebelah kiri, sementara sudut pandang / field of viewdigambarkan pada diagram di sebelah kanan pada gambar berikut ini: