Modul relay RM54OC Relay Moduleini adalah modul yang sangat praktis untuk digunakan sebagai main switch relay 4 kanal dari proyek rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler seperti dari Arduino Development Boarduntuk menyalakan/mematikan peralatan elektronika lainnya yang ditenagai listrik AC hingga 240 VAC (listrik PLN) atau perangkat DC bertegangan tinggi (hingga 28 VDC) seperti High Power DC motor. dengan arus maksimum sebesar 7 Ampere (untuk perangkat dengan listrik PLN setara dengan power rating±1500 Watt) untuk setiap kanalnya.

Modul ini aman untuk digunakan dengan perlindungan optisdari optocouplerseri 817yang memisahkan hubungan elektris antara mikrokontroler dengan rangkaian relay secara optik / optoisolationdimana switchingdilakukan menggunakan cahaya (kombinasi LED dan phototransistordalam IC optocouplertsb). Dengan demikian apabila terjadi masalah secara elektris pada relay / perangkat yang dikendalikan, masalah tersebut tidak akan merembet ke rangkaian mikrokontroler / Arduino Anda.

Modul ini berukuran ringkas karena menggunakan komponen elektronika SMD berkualitas lengkap dengan lampu LED SMDyang berfungsi sebagai indikator terpisah untuk masing-masing relay. Pin headerdiberi label yang jelas untuk memudahkan proses penyambungan modul ini dengan sirkit pengendali.

Untuk mengaktifkan (kontak tersambung, listrik mengalir), signal LOW dikirimkan ke pin kendali karena tipe relay ini adalah Low-Level Trigger. Signal HIGH akan memutus kontak (switched off).

Untuk penggunaan dengan Raspberry-Pi(R-Pi) atau rangkaian mikrokontroler berbasis tegangan 3,3 Voltseperti Arduino Pro Mini 3v3, silakan baca cara penggunaannya di artikel ini. Untuk yang berbasis tegangan 5 Volt, pin I/O dapat dihubungkan langsung ke pin masukan modul ini.

Relay yang digunakan adalah relay Songle SRD-5VDC-SL-C yang stabil dan berdaya tahan tinggi. (kami juga menjual komponen relay Songle SRD-5VDC-SL-C ini dengan harga murahapabila Anda ingin membuat rangkaian relay seperti pada modul ini secara swadaya).