Modul Relay 8 Channelini menggunakan relaySongle SRD-05VDC-SLdengan tegangan kontak maksimum 250 VAC dan arus maksimum 10A (bisa digunakan untuk mengendalukan peralatan elektronik yang dihubungkan dengan outlet PLN hingga 2200 Watt), atau 30 VDC untuk tegangan searah (misalnya untuk motor DC).


Apabila koil dialiri listrik 5VDC, koil akan aktif dan kontak tersambung. Karena kebutuhan arus aktivasi yang relatif cukup besar (sekitar 72 mA), diperlukan rangkaian penguat (biasanya menggunakan transistor) untuk amplifikasi signal dari mikrokontroler.

Dengan meggunakan modul ini Anda bisa menyambungkan pin I/O dari mikrokontroler / papan pengembang elektronika (seperti Arduino) secara langsung karena modul ini sudah memiliki rangkaian penguat secara on-board.

Modul ini juga dilengkapi proteksi dengan flyback diode. Sebagai pemantau terpasang 2 macam LED: LED hijau sebagai indikator catu daya, dan 8 buah LED merah sebagai indikator relay. Rangkaian proteksi dan penguat menggunakan komponen SMD, membuat modul ini berukuran ringkas (ukuran papan: 72 x 48 mm) dan lebih hemat energi.
Hubungkan VCCdengan catu daya 5V, GND dengan ground, IN1 - IN8 dengan pin I/O dari mikrokontoler.

Referensi huruf mandarin pada bagian terminal kontak: