Modul relay ini dilengkapi dengan mikrokontroler dan penerima inframerah terintegrasi HX1838 untuk mengnedalikan berbagai peralatan berarus listrik AC (listrik PLN) dengan pengendali nirkabel infra merah (infrared remote control).

Anda dapat menggunakan tombol manapun dari berbagai macam IR remote control yang bekerja pada frekuensi 38 kHz (misalnya remote control TV, remote control universal, dsb.) dengan merekam sinyal yang terkirim melalui penekanan tombol S1 (learning/record switch) pada modul ini.

Pada modul elektronika ini terpasang dua buah indikator LED, satu untuk indikator catu daya (menyala saat catu daya terhubung), dan yang lainnya (ditandai dengan label LED1) akan menyala saat fungsi perekaman sinyal (learning mode) aktif / tombol S1 ditekan.

Hubungkan pin VCC dengan catu daya 5V (DC+), GND ke ground (DC-), dan terminal blok pada ujung seberangnya dengan peralatan yang akan dihubungkan dengan listrik PLN. Gunakan slot tengah dan atas (dekat transistor, berlabel \u5e38\u5f00) untuk penyambungan secara Normally Open (kontak relay menyambung bila sinyal inframerah diterima), atau slot tengah dan bawah (dekat lubang sekrup, berlabel \u5e38\u95ed) untuk koneksi NC / Normally Close — dalam keadaan normal kontak tersambung dan terputus saat sinyal inframerah diterima.

Dapat juga digunakan untuk mengendalikan peralatan berarus searah (DC / Direct Current) hingga 30 VDC. Harap perhatikan arus untuk peralatan yang dihubungkan maksimum sebesar 10 Ampere.