Modul relay dengan nomor model YL-72 ini menggunakan relay Songle SRD-12VDC-SL-C berkualitas tinggi (tegangan kontak maksimum 250 Volt AC atau 30 Volt DC, besar arus maksimum 10 Ampere) yang dikombinasikan dengan rangkaian tunda (delay circuit) menggunakan IC timer 555 monostable yang dapat menunda sinyal antara 0 (tanpa waktu tunda) hingga 10 detik.

TDR Time Delay Relay 12V 0-10s 10A

Time Delay Relay (TDR) merupakan modul elektronika yang berfungsi sebagai pengatur waktu pada pengendalian peralatan yang membutuhkan waktu tunda antara aktivasi/deaktivasi dengan saat sinyal picu berubah, contohnya untuk mengaktifkan sistem alarm setelah pintu ditutup, mematikan lampu beberapa saat setelah sensor kehadiran mendeteksi orang keluar, jeda dalam pembalik arah motor DC, dsb.

Pada modul TDR berukuran 66x21x18 mm ini, waktu tunda dapat disetel antara 0 hingga 10 detik dengan memutar potensiometer yang terpasang. Sebagai tambahan tersedia lampu LED sebagai indikator catu daya dan status kontak.

Tegangan pada koil sebesar 12 Volt DC dengan arus pemicu sebesar ± 30 mA. Apabila dihubungkan dengan mikrokontroler berbasis tegangan 5 Volt, Anda dapat menggunakan transistor penguat (silakan baca tutorial ini). Tipe relay ini adalah NC (Normally Close).

Pada sisi kontak Anda dapat menggunakan modul relay ini sebagai saklar untuk peralatan bertenaga listrik searah hingga 250 VAC atau peralatan bertenaga listrik bolak-balik hingga 30 VDC. Arus maksimum yang dapat disalurkan sebesar 10 Ampere.