Modul komunikasi ini adalah breakout boarddari IC MAX3232yang merupakan pengirim/penerima (transceivers) signal data RS-232. Signal yang diterima sebagai receiverdengan tingkat tegangan sesuai protokol RS-232(±15V) dikonversikan ke tingkat tegangan yang kompatibel dengan TTL (tingkat tegangan yang umum digunakan oleh UART pada mikrokontroler), demikian sebaliknya sinyal TTL akan dikonversikan ke level tegangan RS-232 pada saat mengirimkan sinyal / berlaku sebagai transmitter.

Dalam satu modul ini terdapat 2 kanal komunikasi yang dapat digunakan secara terpisah / independen. Pin ditandai dengan jelas, +untuk catu daya (VCC= 3V ~ 5,5V), -untuk ground/ GND, tanda panah () menunjukkan arah sinyal (arah keluar sebagai pengirim / transmitter, arah masuk sebagai penerima / receiver).

Kecepatan transmisi data maksimum sebesar 120 kbps (direkomendasikan menggunakan kecepatan standar 115,2 kbps untuk kompatibilitas maksimum).

Modul ini berukuran ringkas dan cocok diaplikasikan pada rangkaian elektronika Anda yang memerlukan komunikasi RS-232 tanpa mengorbankan ruang karena ukuran modul ini sangatlah ringkas, kurang dari 15,9 x 9,4 mm dengan jarak antar pad(lubang untuk pin/kabel) standar berjarak 0,1 inch (2,54 mm).



Apabila Anda perlu menghubungkan dua modul lewat komunikasi serial yang terpisah jarak cukup jauh (misalnya untuk menghubungkan modul sensor dengan mikrokontroler yang terpisah jarak hingga 10 meter), Anda dapat menggunakan dua keping modul ini sebagai solusi.

Kami juga menjual modul RS232 yang sudah dilengkapi konektor DB9 (konektor standar untuk komunikasi serial seperti pada PC Comm Port) dengan harga murah di toko komponen elektronika online ini.