Modul elektronika ini adalah modul untuk mengkonversi sinyal TTL ke/dari sinyal komunikasi yang sesuai dengan Recommended Standard 485, berguna untuk mentransmisikan data digital berjarak jauh ke titik koneksi jamak secara merata (balanced mutipoint long distance digital transmission).


Modul adapter ini menggunakan IC MAX485 yang hemat daya dengan semua pin dari IC dapat diakses melalui pin header yang tersedia di kedua ujung modul berukuran 45 x 13 x 13 mm. Catu daya 5 Volt DC.


Sekilas Tentang RS-485

Rekomendasi Standar 485 (RS485 atau ANSI/TIA/EIA-485) ini mengijinkan beberapa penerima (multiple receivers) untuk tersambungkan dengan jaringan secara linear dalam konfigurasi serial simetris multi-droplewat dua kabel half-duplex(half-duplexartinya komunikasi berlangsung searah, dengan dua kabel komunikasi berlangsung secara dua arah / full-duplex).

Standar ini mendefinisikan karakteristik lapisan transmisi sinyal fisik dari OSI (Open Systems Interconnection) yang dirumuskan sebagai pengembangan dari antarmuka fisik transmisi data biner RS232, lapisan lainnya (pertukaran data, jabat-tangan / handshaking, sinkronisasi, dll) tidak didefinisikan (dapat menggunakan RS-232, ModBus, DCON, atau protokol lainnya).

RS-485 mensyaratkan pengirim (transmitter) untuk berimpedansi rendah sehingga dapat mengirimkan sinyal ke banyak penerima dengan kapasitas beban yang distandarkan untuk mampu menjangkau jarak hingga 32 meter untuk satu pengirim. Kabel yang digunakan bertipe pilinan (twisted-pair) untuk meredam derau fasa (in-phase noise).

Secara spesifik standar ini menentukan karakteristik elektris (no-zone signal gap ±200mV) yang memungkinkan transmisi data melalui lingkungan berderau (electrically noisy environment).

Berikut ini adalah rangkuman spesifikasi dari RS-485:


Kelebihan RS-485 dibanding transmisi fisik RS-232: