Modul USB-to-RS485 Converter/Adapterini merupakan modul adapter untuk komunikasi serial sesuai Recommended Standard 485 (RS-485)melalui perangkat USB (Universal Serial Bus) versi 2.0. Komunikasi sesuai protokol RS485 dapat mentransmisikan data digital berjarak jauh ke titik koneksi jamak secara merata (balanced mutipoint long distance digital transmission).

Contoh aplikasinya misalnya untuk mengontrol rangkaian berbasis mikrokontroler seperti Arduinoyang dilengkapi dengan IC / modul RS485-to-TTL converter/adaptermelalui kabel berjarak jauh dari komputer dengan portUSB.

Secara internal modul ini menggunakan IC CH340 sebagai pengubah protokol USB ke sinyal TTL, yang kemudian dikonversi sesuai protokol RS-485 oleh IC MAX485. Rangkuman penjelasan tentang RS-485 dapat dibaca di artikel produk TTL to RS-485 moduledi toko komponen elektronika online ini.

Berikut ini adalah foto saat selubung plastik pelindungnya dibuka:


Modul ini dapat digunakan langsung pada sistem operasi Windows 7 (plug 'n playdengan instalasi otomatis apabila komputer Anda tersambung dengan Internet). Untuk sistem operasi Windows XP atau instalasi manual, Anda dapat mengunduh driver CH340 USB-to-Serial Driver di bagian tautan di bawah ini.