Power Moduleberukuran ultra mini ini menggunakan IC MPS MP1584EN yang merupakan step-down switching regulatorberfrekuensi tinggi dengan Power MOSFET tegangan tinggi terpadu.

Modul ini dapat menerima rentang tegangan masukan antara 4,5 Volt hingga 28 Volt DC dan menurunkannya ke tegangan antara 0,8 hingga 20 Volt. Maksimum arus yang dapat dipasok oleh modul ini sebesar 3 Ampere (untuk waktu singkat, untuk pemakaian berkesinambungan sebaiknya tidak melebihi 2A). Untuk menjaga modul dan IC ini dari kerusakan akibat kelebihan panas (overheating), terdapat rangkaian pelindung yang akan mematikan fungsi untuk sementara saat mendeteksi panas berlebih (thermal shutdown circuit protection).

Besar riak tegangan (voltage ripple) yang ditimbulkan kurang dari 30 mV, dengan frekuensi switching hingga 1,5 MHz. Frekuensi setinggi ini dapat mencegah masalah derau dari inteferensi elektromagnetik / EMI (Electromagnetic Interference) noise seperti yang umum terjadi pada rangkaian radio AM dan aplikasi ADSL. IC MP1584 dikemas dalam kemasan SOIC8E yang dirancang untuk efisiensi termal yang sempurna.

Pada pengujian oleh tim teknis kami, modul ini sungguh memiliki kinerja yang luar biasa bagus dengan tingkat efisiensi mencapai 92,6% (kondisi pengujian: masukan 12V x 0,9mA  = 10,8W; keluaran 5V x 2A = 10W).

Modul ini cocok digunakan pada perangkat portabel bertenaga baterai mengingat arus diam (quiescent current) yang dikonsumsi hanya sekitar 100µA saja, selain itu ukurannya yang mungil (22 x 17 x 4 mm) menjadikan modul ini fleksibel untuk ditempatkan pada peralatan elektronika rancangan Anda.